Jumat, 22 Maret 2013

Dataran Pengikisan Gelombang



DATARAN PENGIKISAN GELOMBANG

Seperti kita ketahui disepanjang pantai banyak sekali terbentuk tebing yang memnjang sepanjang garis pantai tersebut , untuk dataran pengikisan gelombang sendiri sangat erat kaitannya dengan tebing ini. Untuk lebih jelas dan detail mari kita lihat asal pembentukan dar dataran pengikisan gelombang sendiri :

Proses pembentukan dataran pengikisan gelombang :

- Pertama tebing curam yang berada di sekitar pinggiran pantai tempat dimana gelombang besar menghantam tebing tersebut , kemudian akibat gaya tersebut kaki-kaki tebing mulai melemah kemudian terpotong dan membentuklah dengan apayang disebut pemotongan bagian bawah tebing oleh pengaruh gelombang.
-Proses-proses ini  terus berlanjut dan akhirnya membuat tebing semakin menjorok ke dalam, secara bertahap dan terus menerus akhirnya tebing ini menjadi curam.
-Setelah terbentuk sebuah bentukan lahan dibawah tebing tersebut yang terdiri daerah dengan bentukan kelerengan agak miring  yang mengarah ke arah laut yang mana kita sebut sebagai Dataran pengikisan gelombang. 




Contoh:

Contoh yang baik dari tebing dan gelombang-cut platform dapat ditemukan di Hunstanton (Norfolk Utara) dan Flamborough Head (Yorkshire)



Sumber : http://geobytesgcse.blogspot.com/2007/08/coastal-erosion-landforms-features-and.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar