Selasa, 29 November 2011

Selmatkan hewan ini sekarang juga

ane cuma ingin mengingatkan agan dan sista tentang makhluk hidup yang butuh uluran tangan dan kesadaran manusia 

Ursus Maritimus alias beruang kutub hidup di atas lautan es, tapi jumlah mereka ini menurun dengan sangat cepat. Apa yang terjadi ya?  

Beruang kutub tinggal di dekat pantai sekitar lautan Arktik, Kutub Utara, beruang kutub memiliki bentuk dan fungsi tubuh yang siap untuk melawan dingin, di antaranya :


Spoiler for beruang kutub

  • bulu yang lebat : tiap helai panjangnya sekitar 10-15cm gunanya tentu saja melindungi badan dan menjaga kehangatan tubuh.
  • bulu yang menangkap panas matahari : ada rongga kecil dalam bulu-bulu yang transparan seperti kaca ini, semacam tabung mini yang menghantarkan panas matahari ke kulit beruang.
  • ekor yang pendek : ekor sepanjang 7-12 cm ini menjuntai lurus ke belakang kaki beruang.
  • kaki menyerupai sepatu salju : panjang tiap kaki sekitar 30cm dengan lebar 25 cm. saat mereka berjalan, pijakannya menjaga agar mereka tidak tenggelam dalam salju dan es. semacam sepatu salju. di dalam air, ke empat kaki ini berfungsi sebagai pengayuh saat berenang.
  • tapak kaki antislip : bulu yang menjuntai di telapak kaki beruang dapat menjaga agar mereka tidak terpeleset dan tergelincir.
  • penyimpan lemak : lapisan lemak setebal 10cm menyelimuti tubuh beruang sehingga otot-otot mereka terlindungi dari udara dingin. bagian paling tebal berada pada punggung yang sangat membantu ketika mereka mengapung dan berenang.
  • hidung yang hebat : beruang kutub dapat mengendus anjing laut yang tersembunyi di balik salju atau es. ketika menyelam mereka dapat menutup lubang hidung dan menahan napas selama lebih dari satu menit.
  • kuping yang kecil : telinga beruang hanya mencuat sedikit ke atas kepala agar panas tubuh tidak keluar melalui lubang-lubangnya.
  • leher yang panjang :beruang kutub memiliki leher yang panjang dengan ujung kepala yang kecil. bentuk yang sangat cocok untuk menembus air selama mereka berenang.
  • cakar yang tajam : cakar beruang kutub memang pendek namun tajam. mereka bisa menggali es atau mencengkeram kulit anjing laut untuk menarik mangsa tersebut keluar dari air.
  • bagian depan cakar yang besar : masing-masing tapak beruang diperkirakan seberat 1kg. yang biasa digunakan untuk menaklukan anjing laut.



Meski terlihat menggemaskan, sebenarny beruang kutub adalah pemangsa yang cukup ganas. Mangsa favorit beruang kutub adalah anjing laut. cara terbaik beruang kutub dalam memangsa anjing laut adalah dengan mengejutkan anjing laut ketika mereka ke permukaan untuk menarik nafas melalui lubang di tengah es. Beruang kutub akan mencengkeram anjing laut dengan cakar-cakarnya kemudian membuatnya pingsan dan dagingnya dimakan sebelum mendingin 



Spoiler for TERANCAM PUNAH


Laut es yang merupakan ladang berburu sangat penting untuk kelangsungan hidup beruang kutub. Setiap musim panas, es-es ini akan mencair. Jika beruang kutub tidak mendapatkan anjing laut dan hanya makan burung beserta telurnya atau bangkai dan tulang belulang binatang yang terdampar atau bahkan mengkonsumsi rumput laut! maka ini merupakan periode"puasa" bagi mereka sehingga berat badan mereka turun 10-20kg setiap minggu 


Kondisi laut saat ini, luas lautan es telah menyusut selama 30 tahun. musim panas berlangsung lebih lama dari sebelumnya. bahkan ketika membeku sekalipun , laut es tidak membentang seluas biasanya. ladang berburu beruang kutub pun semakin menyempit. Para ilmuwan memperkirakan bahwa es di Kutub Utara dapat benar-benar menghilang pada 2080 nanti 



Pada tahun 2006, populasi beruang kutub hanya tinggal 25.000 ekor, sehingga mereka masuk kategori binatang yang terancam punah. Ada cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi beruang kutub,yaitu dengan menghemat energi.



Spoiler for SELAMATKAN MEREKA!!


Beruang kutub menggunakan gumpalan es sebagai landasan untuk berburu anjing laut. dengan adanya pemanasan global, lautan es di kutub utara mencair lebih cepat dan berdampak pada perburuan beruang kutub. Apabila terus menerus gagal memeperoleh makanan, mereka terancam mati kelaparan karena tidak memiliki energi untuk berburu lagi.

cara untuk menyelamatkan mereka adalah :
  • hemat bahan bakar! - jutaan mobil di dunia mengeluarkan asap knalpot yang menyebabkan udara di bumi makin panas.
  • minimalkan polusi! - setiap tahun jumlah pabrik terus bertambah, padahl mereka turut andil dalam menyebabkan polusi udara.
  • STOP pencemaran! - lingkungan tempat beruang kutub tinggal semakin tercemar karena banyaknya industri kapal dan minyak.
  • STOP berburu! - beruang berbulu putih ini juga banyak diburu oleh pemburu liar untuk diambil bulunya.



GAMBAR YANG BIKIN SADAR NIH GAN 





Quote:
we are runing out of time
act now before it's too late

mari kita hemat energi dari sekarang untuk menyelamatkan binatang yang lucu ini 

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7885443

Tidak ada komentar:

Posting Komentar